ilmu sosial dasar sebagai salah satu MKDU

bab 1
 Ilmu sosial dasar
      I.            Ilmu sosial dasar sebagai salah satu MKDU
A.    Pengertian ilmu sosial dasar
Ilmu sosial dasar yaitu  ilmu pengetahuan yang menalaah masalah-masalah sosial,khususnya masalah-masalah yang di wujudkan oleh masyarakat indonesia,dengan menggunakan teori-teori(fakta,konsep,teori) yang berasal dari beberapa bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi,sosiologi,antropologi sosial,ilmu politik,ekonomi,psikologi sosial dan sejarah).
Ilmu sosial dasar merupakan suatu usaha yang dapat di harapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap(tanggap nilai),persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat di tingkatkan ,sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
B.     Tujuan ilmu sosial dasar
a)      tujuan umum
di selenggarakannya mata kuliah ilmu sosial dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian,pengetahuan dan pemikiran mengenai beberapa gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,khususnya gejala yang berkenaan dengan masyarakat dengan orang laen,agar daya tanggap,persepsi,dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat di pertajam.
b)      Tujuan khusus
1.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya(mempelajarinya).
4.      Memahami jalan pikiran para ahli  dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
C.     3 kelompok ilmu pengetahuan
1)      Studi manusia
2)      Studi masyarakat
3)      Dan studi tentang lembaga-lembaga sosial.
D.    Ilmu sosial dasar dan IPS
a.       Perbedaan antara ISD dan IPS
1.      IPS sudah kita pelajari dari kita SD sampai SMA dan itu merupakan dasar sebelum memasuki ISD,sedangkan ISD merupakan lanjutan yang di pelajari di perguruan tinggi.
2.      ISD mata kuliah tunggal,sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran yang mempunyai ilmu luas dan memiliki cabang.
3.      ISD untuk pembentukan sikap,sedangkan IPS di arahkan untuk pembentukan keterampilan dan kepedulian terhadap alam,budaya dan ksesenian sekitar.
b.      Persamaan antara ISD dan IPS
1.      ISD dan IPS merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2.      ISD dan IPS bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.      ISD dan IPS mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
E.     Ruang lingkup ilmu sosial dasar
ISD meliputi dua kelompok utama,studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga sosial ,yang terutama terdiri atas psikologi,sosiologi dan antropologi sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran studi ISD adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya.
Materi ilmu sosial dasar terdiri atas masalah-masalah sosial.untuk dapat menelaah masalah-masalah soaial,hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat di bedakan atas 3 golongan yaitu:
  •   Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin. 
  •   Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat 
  •    Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.


sumber : blackworld blog

    0 Response to "ilmu sosial dasar sebagai salah satu MKDU"

    Posting Komentar