AUTOMOTIF
MULTIMEDIA INTERFACE COLLABORATION (AMIC)
A. Penjelasan
AMIC
Fungsional Kolaborasi
Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika,sebelumnya menjelaskan pengertian dari
kata-kata tersebut agar lebih jelas dan mudah dipahami. Sebuah organisasi yang dibentuk
untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana
sebuah perangkat elektronik dapat bekerja disebut Kolaborasi Antar muka
Otomotif Multimedia. The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil.
Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General
Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C
mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif
yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan.
Selanjutnya pembahasan
dari tujuan dan fungsional kolaborasi antarmuka otomotif multimedia telematika
: Dapat menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem
navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem
antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output.
Dapat meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. Dapat memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri
otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform
kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform
yang khas hanya sekitar 50.000 unit. Dapat menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar. Dapat disimpulkan bahwa seluruh kemajuan teknologi pada setiap
bidang ditujukan untuk mempermudah para penggunanya.
The Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMIC) didirikan pada tahun 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Para pendiri
berinisiatif ini terdiri dari Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault
dan Toyota, namun sekarang anggotanya semua kelompok pembuat auto utama dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil persyaratan sebagai dasar untuk konvergensi pasar.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil menunda
penerimaan teknologi baru. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia
Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di
belakang upaya standardisasi. The Otomotif Multimedia Interface Collaboration
(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi
teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-Cberikut dokumen sekarang milik
1394TA:
Ø Ø AMI-C 3023 Power Management Specification
Ø Ø AMI-C 3013 Power Management Architecture
Ø Ø AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power
Management
Ø Ø AMI-C 3034 Power Management Test Documents
Ø Ø AMI-C 4001 Revision Physical Specification
B. Kelebihan dan Kekurangan AMIC
Kelebihan :
Memberikan kenyamanan pengendara dalam melakukan
perjalanan dengan penggunaan media, computer dan perangkat telekomunikasi.Meningkatkan
keamanan dengan system airbag dan system kunci pintu.Membantu pengendara dalam
melihat situasi jalan dan dalam mencari jalan alternativ dengan system navigasi.Meningkatkan
kualitas penyampaian informasi.
Kekurangan :
Biaya yang relative mahal.Kurangnya pengetahuan
tentang perangkat justru akan sangat membingungkan pengguna.Terlalu banyak
perangkat multimedia akan menggangu konsentrasi dari pengendara.
C. Saran
Penggunaan perangkat
multimedia dalam kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan harus sesuai
dengan standarisasi terutama yang menyangkut faktor keamanan karna jika tidak
justru akan menjadi boomerang dan sangat membahayakan bagi pengguna dan orang
lain.
Referensi :
http://dhietcorner.blogspot.com/2013/11/automotive-multimedia-interface.html
http://dwiasihrahaayu.blogspot.com/2013/11/kelebihan-dan-kekurangan-multimedia.html
0 Response to "AUTOMOTIF MULTIMEDIA INTERFACE COLLABORATION (AMIC)"
Posting Komentar